Jumat, 18 Januari 2013

Pengenalan Visual Basic 6

Visual Basic  adalah salah suatu developement  tools untuk  membangun aplikasi

dalam lingkungan Windows. Dalam pengemba ngan aplikasi, Visual Basic menggunakan pendekatan Visual untuk  merancang user  interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa  Basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula ma upun para developer.

Dalam lingkungan Window's  User-interface sangat memegang peranan penting, karena dalam pemakaian aplikasi  yang kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan User-interface tanpa  menyadari bahwa dibelakangnya  berjalan instruksi-instruksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan.

Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukkan  user interface, kemudian  mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan  penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event). Tahap pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan istilah pengembangan aplikasi dengan  pendekatan  Bottom Up.



IDE VISUAL BASIC
Langkah awal dari belajar Visual Basic adalah mengenal IDE (Integrated Developement Environment) Visual Basic  yang merupakan Lingkungan Pengembangan Terpadu bagi programmer dalam mengembang kan aplikasinya. Dengan menggunakan IDE programmer dapat membuat user interface, melakukan koding, melakukan testing dan debuging serta menkompilasi program menjadi executable. Penguasaan yang baik akan IDE akan sangat membantu programmer dalam mengefektifkan tugas-tugasnya sehingga dapat bekerja dengan efisien.
MENJALANKAN IDE
Salah satu cara untuk mengaktifkan IDE Visual Basic adalah menjalankannya dari Menu Start, pilih menu  Command, dan pilih  Microsoft Visual Basic 6.0 dan akhirnya Microsoft Visual Basic 6.0.
image
MEMILIH PROJECT
Sesaat  aktif di IDE Visual Basic, maka  akan dihadapkan kepada suatu pilihan terhadap jenis Project yang ingin  Anda buat sebagaimana yang ditunjukan oleh gambar berikut.

Sebagai langkah awal dari proses bela jar adalah memilih project Strd EXE
image
JENDELA IDE
IDE Visual Basic 6 menggunakan model MDI (Multiple Document Interface). Berikut ini adalah gambar yang menunjukan bagian-bagian dan nama-nama jendela yang dapat tampil pada IDE Visual Basic seperti pada gambar berikut:
image
Sebagaimana dengan proses belajar ini, kita akan fokus pada beberapa jendela yang penting terlebih dahulu sehingga konsentrasi tidak menjadi pecah, dan peserta belajar menjadi bingung. Adapun jendela-jendela yang perlu  perhatikan adalah sebagai berikut:
  • Menu Bar, digunakan untuk memilih tugas-tu gas tertentu seperti menyimpan project, membuka project, dll
  • Main Toolbar, digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan cepat.
  • Jendela Project , jendela ini berisi gambaran dari semua modul yang terdapat dalam aplikasi .  dapat menggunakan  icon Toggle Folders untuk menampilkan modul-modul dalam jendela tersebut secara di group atau berurut berdasarkan nama.  dapat menggunakan Ctrl+R untuk menampilkan jendela project, ataupun menggunakan icon Project Explorer.
  • Jendela Form Designer , jendela ini merupakan temp at  untuk merancang user interface dari aplikasi . Jadi jendela ini menyerupai kanvas bagi seorang pelukis.
  • Jendela Toolbox, jendela ini berisi komponen-komponen yang dapat  gunakan untuk mengembangkan user interface.
  • Jendela Code , merupakan tempat bagi  untuk menulis koding.  dapat menampilkan jendela ini dengan menggunakan kombinasi Shift-F7.
  • Jendela Properties , merupakan daftar properti-p roperti object yang sedang terpilih. Sebagai contohnya  dapat mengubah warna tulisan (foreground) dan warna latarbelakang (background).  dapat menggunakan F4 untuk menampilkan jendela properti.
  • Jendela Form Layout,  akan menunjukan bagaimana form bersangkutan ditampilkan ketika runtime.
Jika jendela-jendela tersebut tidak  ada,  dapat memunculkannya dengan  Menu View dan pilih:
  • Project Explorer (Ctrl+R)
  • Properties Windows (F4)
  • Form Layout Windows
  • Property Pages (Shift+F4)
  • Toolbox
  • Color Pallete
  • Toolbars
TOOLBOX
Jendela Toolbox merupakan jendela yang sang at penting bagi user. Dari jendela ini  dapat mengambil komponen-komponen (object)  yang akan ditanamkan pada form untuk membentuk user interface.
image
Adapun secara garis besar fungsi dari masing-masing intrinsic kontrol tersebut adalah sebagai berikut:
  • Pointer bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika  ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form.
  • PictureBox  adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPEG.
  • Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai.
  • TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris.
  • CommandButton merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event  proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.
  • CheckBox digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false.
  • OptionButton  sering digunakan lebih dari satu  sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu.
  • ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect).
  • ComboBox  merupakan konbinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan pengetikkan maupun pemilihan.
  • HScrollBar dan VScrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.
  • Timer digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non-visual.
  • DriveListBox,  DirListBox, dan  FileListBox  sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file.
  • Shape  dan  Line  digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval.
  • Image  berfungsi menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu  yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox.
  • Data digunakan untuk  data binding.
  • OLE  dapat digunakan sebagai tempat bagi  program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll.
TIPE VARIABEL
Dibandingkan dengan type data yang terd apat pada bahasa basic, maka pada VBA (Visual Basic Basic), type data yang disedi akan lebih banyak, seperti type Currency, Decimal, Object, dan Variant. Variant merupa kan type variabel yang istimewa, karena dapat berubah dari satu type ke type yang lain, sesuai dengan evaluasi ekspresi oleh Visual Basic.

Ketepatan pemilihan type variabel akan sangat menentukan pemakaian resources oleh aplikasi yang dihasilkan, adalah tugas programmer untuk memilih type yang sesuai untuk menghasilkan program yang  efisien dan berperfomance tinggi.
image
OPERATOR PADA VISUAL BASIC DAN URUTAN OPERASINYA
Visual basic meyediakan operator aritmatika, komparasi dan logika, salah satu hal yang harus dipahami oleh programmer adalah tata urutan operasi dari masing-masing operator tersebut sehingga mampu membuat  ekspresi yang akan menghasilkan nilai yang benar, Tabel BERIKUT, menunjukkan operator  dan urutan operasinya dari atas kebawah.
Contoh :
A = 1 + 2 * 3                'Akan menghasilkan 7
B = (1 + 2) * 3              'Akan menghasilkan 9
image
DEKLARASI VARIABEL
Visual Basic memungkinkan kita untuk menggunakan variabel tanpa deklarasi. Tetapi hal ini adalah kurang baik untuk program ya ng terstruktur dan menghindari kesalahan pengolahan yang diakibatkan oleh kesalahan dalam pengetikkan nama variabel. Agar setiap variabel yang digunakan harus dideklarasikan, dapat digunakan perintah :
Option Explicit
Pada setiap awal module atau pada menu Tools, pilih Option, pilih tab Editor, buat  check pada Require Variable Declaration.
Deklarasi variabel pada Visual Basic dapat dilakukan dengan Keyword berikut:
image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar